Sunday, April 12, 2009

Mencegah Klik Fraud

Click fraud adalah musuh para adsenser. Click fraud adalah kegiatan mengklik iklan kontekstual tanpa niatan untuk memberli barang atau jasa yang diiklankan. Click fraud ini umumnya bertujuan untuk membuat bangkrut pengiklan jika pelakunya adalah perusahaan pesaing sang pengiklan, dan bisa juga untuk meningkatkan pendapatan / earning jika dilakukan oleh seorang publisher iklan.

Click fraud merupakan masalh yang lumayan sering terjadi yang menyebabkan akun adsense seorang pulisher dibanned dan situsnya dihapus dari indeks Google. Saat ini google memiliki sebuah system untuk mendeteksi click fraud. System ini masih dirahasiakn cara kerjanya, jadi tidak ada orang luar yang benar – benar mengetahui bagaimana cara kerja system ini. Hanya saja google mengklaim bahwa sejauh ini metode yang di gunakan berhasil.

Sebenarnya anda masih bisa melakukan click fraud dalam skala kecil, namun jika ketahuan dan dicurigai oleh google, akun anda akan terancam hilang dan di banned oleh google.

Cara pendeteksian yang digunakan oleh google dalam melacak click fraud adalah dengan mengamati data statistic klik yang diperoleh oleh sebuah akun adsense. Jika ternyata secara statistic terlihat ada data yang signifikan yang menunjukkan kecurangan, anda akan di banned dan situs akan dihilangkan dari indeks google, jadi menurut saya lebih baik tidak melakukan itu karena itu termasuk melanggar ketentuan.

Hal ini karena google memiliki data statistic pendapatan orang – orang pengguna adsense dari seluruh dunia. Jika ada data yang terlihat aneh, kemungkinan besar google akan mnyadari ada sesuatu yang tidak beres di situ.

Sekian penjelasan saya semoga bermanfaat. Sekali lagi biarlah berjalan dengan alami tanpa harus melakukan kecurangan…terima kasih buat adsense yang menyediakan fasilitas ini.

No comments:

Post a Comment